Jumat, 02 Oktober 2020

Batikku, kebanggaanku

Hari ini tanggal 2 Oktober 2020, bertepatan dengan hari Batik. Hari inipun saya memakai batik terbaik saya. Saya tidak akan bercerita tentaang hari batik dan sejarah penetapannya, tetapi akan saya ceritakan tentang BATIK KHAS KULON PROGO. Kita sudah sangat mengenal berbagai macam corak batik dari seluruh penjuru nusantara. Tiap-tiap daerah memiliki corak yang khas dimana daerah lain tidak akan memiliki corak khas tersebut. Begitu halnya juga dengan Kulon Progo, tempat dimana saya dilahiran, dibesarkan dan berjuanng mengisi hari tua saya. Kulon Progo adalah nama sebuah kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta. Didaerah ini ada makanan khas berbahan ketela. Nama makanan itu adalah GEBLEK. Bentuknya seperti huruf O atau angka nol......Rasanya gurih. Lebih nikmat lagi ditemani kopi...rasannya ngeblend banget. Berangkat dari nama makanan inilah maka di ambil sebuah nama khas untuk corak batik di Kulon Progo, GEBLEK RENTENG. Kenappa GEBLEK RENTENG? Ini jawabannya.......Makanan yang sudah jadi khs Kulon Progo tadi sebelum di masak biasanya di gabung-gabungkan satu sama lain atau dalam bahasa jawa DIRENTENG RENTENG. Maka jadilah nama batik has Kulon Progo yaitu, BATIK GEBLEK RENTENG. Beberapa instansi bahkan memiliki ciri khas batikk sendiri-sendiri, tetapi unsur geblek renteng harus ada. iniah contoh batik geblek renteng yang saya punya. Corak khas Geblek renteng muncul seperti angka 8......Saya bangga menjadi orang Kulon Progo

2 komentar:

  1. Keren Bu...kapan ya saya bisa dapat batik jenis ini? Selamat berkarya dan terus berlatih. Salam literasi 🙏👋

    BalasHapus
  2. Mksh.....cuma coba2 nulis ttg batik...sambil ngenalkan batik khas kulon progo

    BalasHapus

terima kasih atas kunjungan anda