Senin, 19 Oktober 2020

Belajar Menulis Bareng Om Jay, hari ke 6, 16 Oktober 2020

 


           Hari ini, sampai detik ini masih kurasakan kebahagiaanku. Om Jay berkenan memberiku hadiah. Bagi Om Jay, sebuah buku mungkin tidak berarti apa-apa. Tapi bagiku, anugerah dari Om Jay di Jumat berkah ini sungguh bermakna besar. Rasa puas atas pencapaianku tidak boleh berhenti sampai di sini. Akan kubuktikan bahwa aku bisa seperti teman-temanku yang lain. 

           Mr. Bams, sosok yang tak kalah hebatnya dengan pemateri-pemateri sebelumnya. Segudang prestasi sudah beliau raih. Sejumlah posisi penting di beberapa organisasi juga sudah beliau duduki. Aku semakin yakin untuk untuk menimba ilmu di grup hebat ini. Orang-orang hebat berada di sekitarku dan siap membimbingku. 

          Mr. Bams berbagi pengalamannya mengelola blog. Wordress menjadi pilihan beliau untuk mengekpresikan diri. Sudah lama Mr. Bams berkecimpung di dunia blog. Bahkan beliau menggunakan blognya untuk tujuan pendidikan selaras dengan profesi beliau sebagai guru.   

          Dokumen-dokumen yang menjadi beban guru tak luput dari incarannya. Dikelolanya dokumen mengajarnya di blog pribadinya. Ini menyadarkan aku bahwa blog tidak dibatasi hanya untuk tujuan penulisan naskah tetapi juga bisa dimanfaatkan untuk mendokumentasikan administrasi guru. Memang Mr. Bams cerdas dalam memanfaatkan blog.

           Menulislah dari apa yang kita sukai. Tulisan bisa disimpan dikertas saat punya ide, kemudian dipindahkan di pengolah kata (microsoft word, atau yang lainnya). Kemudian bisa diposting di blog yang kita kelola. Kuatkan komitmen atau kemauan untuk tetap mau menulis. Sering membaca buku atau postingan blog yang lain bisa memotivasi diri agar selalu ingin menulis.

       Sebagai guru, kita harus selalu mencoba untuk senang membaca dan menulis. Tuangkan dan buktikan bahwa kita bisa menulis, simpan di blog.
Langkah awal menulis di blog WordPress :
1. Kuasai terlebih dahulu bagaimana mengelola blog di WordPress
2. Belajar posting di blog
3. Simpan tulisan di word terlebih dahulu, baru dipos di blog


Bagaimana jurus2 mengelola blog yang baik agar mudah dikenal banyak orang?

a. Rajin posting

b. Rajin share di media sosial yang kita miliki (WA, IG, Facebook)

2. Kuasai tampilan yang disediakan oleh blog, dan harus mau mencoba dan berlatih. Isi blog baiknya apa ? Isi sesuai kebutuhan yang kita perlukan dan apa yang kira-kira apa yang ingin disampaikan kepada para pembaca.

ijin saya memperlihatkan hasil pencarian dengan kata kunci *Mr. Bams* , seringnya menulis Mr. Bams di blog, di web, di instagram, di podcast.


1 komentar:

  1. bagus juga nich resumenya walau kurang muuut...tetap semangat salam sukses selalu

    BalasHapus

terima kasih atas kunjungan anda